Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh

Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh

Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh

Umroh merupakan Perjalanan yang sangat panjang dan memerlukan waktu yang lama. Ada kalanya kita harus Sholat Dalam Perjalanan Umroh yang kondisinya tidak terdapat Musholla atau Mesjid.  Kondisi tersebut mengharuskan jamaah lebih memperhatikan waktu Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh .
Yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui oleh jamaah umroh adalah cara melakukan Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh.

Jamaah umroh perlu mengetahui hal ini supaya umroh yang dilaksanakan bisa mendapat umroh yang mabrur yang salah satu indikasinya adalah tidak ketinggalan dalam hal yang wajib dan sunah walaupun dalam perjalanan.

Sholat Perjalanan Umroh pada Perjalanan Saat Umroh sendiri bisa menempuh waktu yang lumanyan panjang terutama bila tidak ikut pesawat yang langsung Jakarta-Jeddah sehingga harus transit dulu di negara tetangga misalnya di Malaysia atau bangkok dulu .

Disana kita harus menunggu penerbangan dan tinggal di bandara beberapa jam maka perkara sholat saat bepergian jauh ini harus kita perhatikan.

Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh

Pada dasarnya ada 2 cara melakukan Sholat Dalam Perjalanan Saat Umroh yaitu di qashar dan di jamak. Pengertian sholat qashar adalah sholat yang diringkas menjadi 2 rokaat. Sholat yang boleh diqashar adalah sholat yang 4 rakaat yaitu dhuhur,asar, dan isya. Sedangkan sholat jamak adalah menggabung 2 sholat dalam satu sholat.

Bila di kerjakan di awal waktu misalnya sholat dhuhur dan asar dikerjakan saat sholat dhuhur disebut sholat jamak taqdim, Bila dikerjakan di akhir waktu misalnya sholat Dhuhur dan Asar dikerjakan saat sholat asar disebut jamak takhir.

Pada dasarnya sholat qashar dan jamak adalah 2 hal yang berlainan tetapi sering keduanya dikerjakan bersamaan. Contohnya sholat dhuhur dijamak dengan asar kemudian diqashar dikerjakan 2 rakaat- 2 rakaat . Sholat seperti ini disebut sholat jamak qashar.

Apakah sholat ketika perjalanan jauh harus diqashar dan di jamak dan tidak boleh dikerjakan secara sempurna?

Dalam hal ini sebenarnya ada 3 pendapat yang membahas hal ini.

1. Pendapat yang pertama harus Sholat Dalam Perjalanan Umroh diqashar

2. Pendapat kedua melakukan sholat dengan cara qashar Sholat Dalam Perjalanan Umroh hukumnya sunnah

3. Pendapat ketiga mengatakan makruh hukumnya menyempurnakan sholat dan sangat disunahkan untuk melakukan qashar.

Intinya dari ketiga pendapat tersebut diatas adalah lebih baik Sholat Dalam Perjalanan Umroh dilakukan secara qashar, walaupun tidak ada larangan dikerjakan secara sempurna misalnya ketika kita sholat di bandara bertepatan dengan sholat waktu sholat jamaah ataupun bisa Dalam Perjalanan Umroh nya.

Menjaga sholat secara berjamaah juga hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu perlu juga dipilih orang yang dituakan dalam rombongan (dalam hal ini misalnya ukurannya sudah pernah haji atau mempunyai pemahaman agama lebih dari yang lain) untuk memimpin sholat jamaah.

Segera melaksanakan sholat ketika waktu sudah tiba atau kesempatannya ada, baik itu dengan dijamak dan diqashar adalah pilihan terbaik Sholat Dalam Perjalanan Umroh. 

 

No votes yet.
Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *