cara dan persyaratan membuat paspor umroh

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

Ketika akan berangkat umroh, ada dokumen yang harus kita persiapkan yaitu adalah paspor. Paspor adalah syarat utama untuk beribadah umroh. Paspor bagi orang pergi ke luar negeri ibarat KTP, dimana-mana terutama pemeriksaan di bandara nantinya kita akan sering ditanya mengenai paspor.

Bagi yang belum punya, tentu harus mengurus dan mengetahui cara dan persyaratan membuat paspor umroh.

Ada 2 cara dan persyaratan membuat paspor umroh

  1. cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara offlines
  2. cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara onlines

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

  1. cara dan persyaratan membuat paspor umroh Secara Offline

Apabila ingin mengurus secara Paspor offline atau langsung dengan mendatangi Kantor Imigrasi terdekat, maka calon jamaah harus

  • Membawa seluruh dokumen ASLI di atas pada bagian Syarat-syarat Membuat Paspor
  • Membeli form isian dan mengisinya
  • Menyerahkan semua dokumen (sebelumnya di copy diatas kertas A4) untuk discan dan diproses oleh petugas keimigrasian.

 

cara dan persyaratan membuat paspor umroh 

cara dan persyaratan membuat paspor umroh yang harus dibawa untuk permohoman Persyaratan dokumen pembuatan paspor untuk umroh adalah sebagai berikut:

1. KTP asli dan fotokopinya 1 lembar

2. Kartu keluarga asli dan fotokopinya 1 lembar

3. Akte kelahiran/ surat nikah/ ijasah asli dan fotokopinya 1 lembar

4. Dokumen asli paspor lama (untuk perpanjangan paspor) dan fotokopinya 1 lembar.

5. Surat Rekomendasi tertulis dari atasan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN dan anggota TNI/Polri

6. Surat rekomendasi dari biro perjalanan umroh yang dipilih bentuknya ada 2 yang

  • satu berbentuk surat rekomendasi bahwa benar bahwa yang bersangkutan akan berangkat umroh ,
  • yang kedua adalah surat penjamin dari biro perjalanan umroh. (Berdasarkan pengalaman saya kedua surat tersebut bentuknya    sama cuma judul suratnya yang saja yang berbeda, lebih jelasnya bisa minta ke biro perjalanan umroh yang dipilih)

 

 

cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara offlines sebagai berikut :

  1. mendatangi kantor imigrasi terdekat tempat tinggal terdekat  anda 
  2. Membawa semua dokumen ASLI yang diminta dalam persyaratan di atas
  3. Anda juga akan diminta membeli map hijau dan materai Rp. 6000 (biasanya tersedia di koperasi Kantor Imigrasi)
    masukkan seluruh dokumen baik yang fotocopy maupun asli ke dalam map hijau tersebut.
  4. Form Isian Pengajuan Paspor Form isian tersebut berisi pertanyaan seputar nama, alamat, tempat & tanggal lahir, negara yang akan dituju, dan tujuan Anda kesana. Khusus untuk calon jamaah umroh, data isian nama wajib berisi nama dengan 3 (tiga) suku kata tanpa gelar. Bila nama Anda hanya terdiri dari 2 suku kata maka Anda akan diminta menuliskan satu suku kata lagi yaitu nama ayah Anda.
  5. Surat Pengantar Setelah lolos verifikasi, petugas imigrasi akan memberikan surat pengantar ke petugas administrasi di front office, dan Anda diminta untuk menukarnya dengan nomor antrian berkode C guna melakukan pembayaran sebesar Rp. 255.000,- untuk paspor 48 lembar (paspor 24 lembar disediakan khusus untuk TKI).
  6. Foto untuk Paspor Setelah melakukan pembayaran, Pemohon paspor online langsung menuju lokasi pengambilan foto dan sidik jari. Pada saat pengambilan foto, seluruh atribut yang melekat di kepala harus dilepas (kacamata, softlens, peci, dll) KECUALI JILBAB bagi perempuan. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, pemohon diminta untuk menunggu panggilan untuk proses wawancara.
  7. Wawancara Paspor Di meja wawancara, Pemohon akan ditanya mengenai negara serta tujuan pembuatan paspor, untuk calon jamaah umroh Anda menjawab, negara tujuan Arab Saudi dan bermaksud melaksanakan ibadah umroh. Anda juga akan diminta menunjukkan dokumen asli berupa KTP, KK, Ijazah dan atau surat nikah. Apabila dalam proses wawancara tidak ditemukan kesalahan penulisan nama, maka pemohon diminta untuk meneliti kembali data yang telah masuk serta menandatangani buku paspor. Petugas wawancara berhak menangguhkan permohonan paspor jika pada hasil wawancara ditemukan keraguan perihal identitas serta jati diri pemohon. Selanjutnya akan dilaksanakan tahap meneliti lebih lanjut. Jika hasil penelitian kelanjutan dapat dibuktikan ada pelanggaran keimigrasian maka permohonan paspornya akan ditolak.
  8. Waktu Pengambilan Paspor Setelah wawancara selesai dan hasil wawancara paspor baik, maka selesailah proses pengajuan paspor. Waktu pengambilan paspor paling lama 4 (empat) hari kerja setelah proses wawancara.

Demikian prosedur cara dan persyaratan membuat paspor umroh Secara Offline

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

 

 cara dan persyaratan membuat paspor umroh

2. cara dan persyaratan membuat paspor umroh Secara Offline

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Dirjen Imigrasi telah memiliki layanan pembuatan paspor secara online sebagai sebuah bentuk layanan untuk mempercepat proses pembuatan paspor.

Lalu bagaimana cara membuatnya?  

Berikut ini adalah langkah bagaimana cara dan persyaratan membuat paspor umroh  online.

  1. Langkah pertama membuat paspor umroh online adalah, anda harus mengunjungi website www.imigrasi.go.id lalu klik menu Layanan Paspor Online yang terdapat di menu halaman utama.
  2. Setelah klik menu layanan paspor online, anda akan masuk ke halaman pengajuan permohonan pembuatan paspor. Pilih menu “Pra Permohonan Personal”.

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara online 

3. calon jamaah umroh akan diminta mengisi seluruh data yang dibutuhkan.

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara online 

  • Sebelum melakukan pengisian form sebaiknya anda mengunduh terlebih dahulu Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online yang terdapat di halaman utama pengajuan pembuatan paspor online. Petunjuk tersebut berisi panduan lengkap tentang cara membuat paspor online, dari mulai pengisian form sampai dengan metode pembayaran.
  •  Untuk nama jika nama anda 2 suku kata maka harus ditambah menjadi 3 suku kata. Anda bisa nambahkan nama suami jika istri atau nama orang tua yang sesuai dengan Kartu Keluarga dan Akta Nikah. Pastikan alamat email anda benar dan aktif, karena bukti permohonan serta konfirmasi permohonan akan dikirim melalui email.

4. Dilanjutkan dengan mengunggah (upload) hasil scan KTP, KK serta Akta Kelahiran/Ijazah/Surat Nikah.

5. Setelah proses pendaftaran membuat paspor umroh online selesai, download dan print tanda terima yang dikirim melalui email    anda.

cara dan persyaratan membuat paspor umroh

cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara online 

6. Bawalah tanda terima tersebut ke kantor imigrasi yang sudah anda pilih ketika tadi mengisi form permohonan, selain membawa tanda terima anda juga harus membawa dokumen – dokumen syarat pembuatan paspor yang ASLI dan yang telah di foto copy ukuran A4. Dokumen – dokumen tersebut ialah:

  • Kartu Keluarga (KK) dan Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Akta kelahiran, buku nikah, atau ijazah.
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
  • Surat rekomendasi/izin atasan bagi PNS
  • Surat rekomendasi dari Biro Perjalanan Umroh

7. Setelah semuanya siap, anda tinggal menuju kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan pada saat mendaftar membuat paspor. Berikan tanda terima yang sudah anda print tadi kepada petugas imigrasi, dan petugas akan melakukan pengecekan dan verifikasi dokumen syarat pembuatan paspor.

8. Setelah verifikasi dokumen selesai anda tinggal menunggu panggilan wawancara, foto, dan sidik jari.

9. Selesai sudah rangkaian dan cara dan persyaratan membuat paspor umroh secara online, anda tinggal menunggu paspor selesai dan mengambilnya ke kantor imigrasi. 
Macam-macam Paspor Indonesia

  1. Paspor Umum. Ciri-cirinya: sampul hijau, umum untuk semua warga negara Indonesia (WNI) yang akan ke luar negeri. Berbentuk buku ada yang berisi 24 dan 48 halaman. Paspor umum ini yang digunakan oleh jamaah umroh.
  2. Paspor Dinas. Ciri-cirinya: sampul biru, khusus untuk pegawai negeri dan pemerintah yang akan melaksanakan tugas ke luar negeri. Di bagian sampul depan paspor ada tulisan: Paspor Dinas.
  3. Paspor Haji. Ciri-cirinya: warna cokelat, khusus untuk warga negara Indonesia yang akan berhaji ke Saudi Arabia.
  4. Paspor lainnya seperti paspor diplomatik (warna hitam), paspor kelompok (dalam satu kelompok hanya ada satu paspor), paspor biometrik, dan lain-lain.

Ada 2 pilihan pasport yang bisa kita pilih yaitu berdasarkan jumlah halaman, yaitu

  1. Pasport 24 halaman. bagi yang memang jarang ke luar negeri bisa memilih paspor 24 halaman yang biaya pembuatannya sekitar 100.000.
  2. Paspor 48 halaman dan biaya pembuatan paspor 48 halaman adalah 300.000.

Catatan:

Untuk membantu kelancaran proses administrasi persyaratan dokumen calon jamaah umroh, Denatour memberikan pelayanan jasa pembuatan paspor untuk keperluan umroh dan tambah nama paspor menjadi 3 kata/huruf. Calon jamaah memberikan syarat-syarat permohonan pembuatan paspor seperti di atas dan nanti akan diinfo oleh staf Denatour ketika akan foto, wawancara, dan pengambilan paspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *