Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid

Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid
Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid harus Mempunyai niat yang kuat, Memperhatikan waktu sholat, Meluang waktu untuk membaca buku sholat berjamaah, Berdoa

Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid

Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid sangatlah penting di lakukan oleh jamaah karena Sholat adalah perkara yang penting dalam islam selepas perkara Iman. Untuk itu penting bagi seorang muslim untuk disiplin dalam menjaga sholatnya dan melakukannya dengan sebaik-baiknya yaitu dengan cara Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid
. Berikut ini hadist tentang keutamaan Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid :

1. Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid lebih afdhal daripada shalat sendirian sebanyak 27 kali lipat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
2. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Sesungguhnya shalat seseorang secara berjamaah dilipatgandakan 25 kali lipat daripada dia shalat di rumahnya atau di pasarnya. Jika dia berwudhu, kemudian dia baguskan wudhunya, dan dia tidak ke masjid kecuali dia hendak shalat, maka dia tidak melangkahkan satu langkah kakinya kecuali diangkat derajatnya dan dihapuskan dosanya. Dan jika dia shalat maka para malaikat senantiasa mendoakannya selama dia masih tetap di tempat shalatnya dan tidak berhadas. Para malaikat berkata, “Ya Allah angkatlah derajatnya, rahmatilah dia,” dan dia senantiasa dalam kondisi shalat selama dia menunggu shalat berikutnya.” (H.R. Bukhari dan Muslim dan hadits ini lafadz Al-Bukhari)
Tips Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid

HukumMenjaga Sholat Berjamaah di Masjid wanita:

Hukum ke ikut sertakan wanita untuk Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid tentu tidak sama dengan para lelaki. Mengenai hal ini para ulama berpendapat seperti ini:

1) Al-Imam An-Nawawi rahimahullah menyatakan: Hukum shalat berjamaah bagi wanita tidaklah fardhu ‘ain, tidak fardhu kifayah, akan tetapi hanya mustahab (sunnah) saja bagi mereka.” (Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, 4/188)

2) Ibnu Qudamah rahimahullah juga mengisyaratkan tidak wajibnya shalat jamaah bagi wanita dan beliau menekankan bahwa shalatnya wanita di rumahnya lebih baik dan lebih utama. (Al-Mughni, 2/18)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah bersabda kepada para wanita:
“Shalatnya salah seorang di makhda’-nya (kamar khusus yang digunakan untuk menyimpan barang berharga) lebih utama daripada shalatnya di kamarnya. Dan shalatnya di kamar lebih utama daripada shalatnya di rumahnya. Dan shalatnya di rumahnya lebih utama daripada shalatnya di masjid kaumnya. Dan shalatnya di masjid kaumnya lebih utama daripada shalatnya bersamaku.” (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Jilbab Al-Mar’ah Al-Muslimah, hal. 155)

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
“Jangan kalian mencegah hamba-hamba perempuan Allah dari shalat di masjid-masjid-Nya.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 990 dan Muslim no. 442)

Oleh karena itu para suami dilarang mencegah para wanita bila ingin Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid
, walaupun sebenarnya sholat nya wanita lebih utama di rumah.

Tips supaya bisa Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid :

1. Mempunyai niat yang kuat untuk menjaga sholat berjamaah di masjid. Niat akan menggerakkan amal, semakin kuat niat akan semakin kuat usaha untuk Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid.

2. Memperhatikan waktu sholat dan mengatur pekerjaan berdasarkan waktu sholat. Misalnya saja tidak menerima pekerjaan saat magrib karena waktunya yang singkat. Nanti selepas isya bolehlah pekerjaan dilanjutkan bila belum selesai.

3, Meluang waktu untuk membaca buku atau kitab tentang keutamaan Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid. Oleh karena itu sempatkan waktu beberapa menit dari 24 jam waktu yang kita miliki untuk membaca buku buku agama.

4. Berdoa agar dimudahkan bisa Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid. Selepas sholat biasanya ada banyak doa yang kita panjatkan misalnya masalah rejeki, pengin punya momongan dan lain-lain. Selipkan juga doa agar kita dimudahkan bisa Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid.

Demikian Menjaga Sholat Berjamaah di Masjid
semoga bermanfaat.

No votes yet.
Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *